6 Cara Sukses Mahasiswa Menghadapi Tugas

Post a Comment
Perkuliahan adalah bangku dimana kita terus berlanjut untuk belajar, mencari pengalaman, serta tempat bertindak sebagai generasi perubahan bangsa. Ketika kita telah menjadi seseorang yang disebut mahasiswa, maka hendaklah kita bertanggung jawab akan setiap tugas. Dimana sifat tanggung jawab tersebut akan berdampak pada diri masing-masing mahasiswa. Berikut adalah cara bagaimana bersifat tanggung jawab sebagai mahasiswa terhadap tugas:

  •      Mulai dari Diri Sendiri
Segala sesuatu yang ingin kita lakukan untuk berdampak positif bagi diri kita yakni segalanya haruslah dimulai dari diri sendiri. Apalagi seorang mahasiswa, ia sebenarnya sudah paham apa hak dan kewajibannya. Agar sifat tanggung jawab tersebut dapat diemban, mahasiswa hendaknya sadar apa perannya dalam dunia perkuliahan.

  • Jauhi Rasa Malas
Malas yaitu suatu sifat yang dapat mengangkrakkan segala aktivitas. Dengan bermalas-malasan tugas akan terbengkalai. Hingga menumpuk tak terurus. Maka, mahasiswa harus pintar untuk menjauhi rasa malas. Carilah solusi agar tugas yang sulit tidak membuat rasa malas menyelimuti. Tanyakan pada kakak tingkat yang telah berpengalaman, agar kesulitan yang membelit teratasi.

  • Jangan Terlalu Lama Mengulur Waktu
Waktu adalah suatu kesempatan yang perlu dimanfaatkan untuk mendaptkan hasil yang bermanfaat. Mengulur waktu itu sebuah tindakan yang perlu dihindari. Jika mahasiswa terus saja mengulur-ulur waktu maka tugas juga akan terus bertambah. Berkurangnya sebuah tugas, yakni caranya mahasiswa harus pandai membagi waktu. Kapan saatnya mengerjakan tugas dan kapan saatnya beristirahat, mahasiswa harus tahu.

  • Sadar Diri
Ketika telah disebut sebagai seorang mahasiswa, maka saatnya untuk berpikir dengan wawasa yang luas. Dengan wawsan yang luas, berarti mahasiswa harus sadar diri bahwa tugasnya untuk memajukan negeri ini salah satunya. Sadar diri adalah suatu kepekaan terhadap apa tanggung jawab yang perlu dikerjakan.

  • Jauhi Zona Nyaman
Zona nyaman adalah tempat dimana kita masih terus saja menikmati hal yang membuat kita bahagia. Mahasiswa harus jeli dalam memlilih teman. Karena jika kita terus bersama dengan teman dan denganya itulah kita terus menikmati hari-hari bersama. Apalagi teman yang suka dengan hal yang berbau hiburan. Maka, kita akan tergait untuk mengikuti kebiasaannya itu. Agar menjadi mahasiswa yang bertanggung jawab terhadap tugas yang didapat jauhilah zona nyaman, yakni seperti teman yang mengarah terus mengajak untuk menikmati hal yang membuat kita bahagia.

  • Strategi Perencanaan 
Mahasiswa bersifat tanggung jawab terhadap tugas berarti harus mempunyai strategi perencanaan agar berpikir dan berwawasan tak terbatas. Dengan strategi perencanaan, mahasiswa akan mampu mengemban tugas yang diberikan. Cara mengkonsep sebuah tugas dengan hasil yang memuaskan, perlunya sifat tanggung jawab. Dengan demikian, tercapailah hasil akhir sebuah tugas yang telah direncanakan.

Penulis : Ine Suryani (Mahasiswa IKABIM IAIN Metro)



Related Posts

Post a Comment